Pesona Wisata Sejarah di Kepulauan Seribu

009-kepulauan-seribuSurga yang tersembunyi, demikianlah gelar yang disematkan kepada Kepulauan Seribu, yaitu sebuah gugusan pulau karang yang memesona. Kepulauan ini merupakan Taman Nasional Laut kepulauan seribu yang telah dikembangkan sebagai wisata bahari sejak tahun 1970. Gugusan pulau karang ini terdiri dari beraneka ukuran pulau yang tersebar di berbagai titik perairan dengan jumlah 78 pulau.

Beberapa pulau yang merupakan bagian dari wilayah Seribu belum mempunyai nama, dan belum berpenduduk, karena ukurannya yang sangat kecil dan tidak adanya fasilitas. Sementara pulau-pulau yang telah berkembang menjadi destinasi wisata adalah pulau tidung dan Pulau Bidadari.

Yang Unik di Kepulauan Seribu

Karena dataran karang yang membentuk wilayah Pulau Seribu berasal dari kumpulan binatang karang yang telah mati, maka tumbuhan dan hewan yang merupakan kekayaan plasma nutfah wilayah tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda dengan wilayah lainnya. Tumbuhan-tumbuhan yang hdup di kawasan ini adalah waru, nyamlung, pandan, cangkudu, cemara laut, sukun, bogem, butun, ketapang, dan kecundang.

Belum ke Kepulauan Seribu namanya jika belum pernah mengunjungi kawasan Tidung yang merupakan icon dari wisata bahari ini. Dengan jarak tempuh sekitar satu jam dari dermaga Marina Ancol menggunakan speedboat Anda akan mencapai pulau mungil ini. Selain berwisata bahari, di kawasan Tidung Anda juga dapat melakukan wisata sejarah dengan menelusuri jejak pahlawan Fatahillah saat bertempur mengusir Portugis dari tanah air. Dahulu wilayah Tidung dijadikan sebagai basis pasukan Fatahillah untuk mengatur strategi melawan tentara Eropa.

Selain itu obyek wisata yang dapat Anda kunjungi di pulau kecil ini adalah Jembatan Cinta yang menghubungkan antara kawasan Tidung Besar dan Tidung Kecil. Pelabuhan Betok bagi Anda yang hobi memancing. Pantai Tanjung Barat yang masih sepi dan alami dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang tak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya. Atau melakukan wisata kuliner khas hidangan laut di warung-warung tenda di Pantai Tanjongan Timur.

Wisata Sejarah Pulau Bidadari

Di pulau yang letaknya berdekatan dengan Pulau Putri dan Pulau Kahyangan ini Anda juga dapat melakukan wisata sejarah peninggalan bangunan Belanda berupa rumah sakit yang dulu dikhususkan untuk para penderita kusta. Oleh karena itu, dulu pulau eksotis ini bernama Pulau Sakit. Selain puing-puing bekas rumah sakit, Anda juga dapat berfoto di bekas bangunan benteng yang berupa menara yang disebut dengan Benteng Martello. Benteng ini dulu dimanfaatkan sebagai  menara pengawas sebagai bentuk pertahanan terhadap musuh.

Daya tarik lain dari pulau bidadari selain pemandangan pantainya yang menakjubkan adalah tumbuh suburnya beraneka jenis tumbuhan langka yang dipelihara dengan baik oleh pengelola. Tanaman langka tersebut adalah pohon sentigi, pohon perdamaian, pohon kepuh, pohon kayu hitam, beberapa tanaman buah, dan hutan bakau yang bermanfaat untuk menahan abrasi. Untuk liburan mendatang segeralah memesan paket perjalanan tour Kepulauan Seribu kepada biro perjalanan langganan Anda.