Pesona Benteng Martello di Pulau Bidadari

pulau bidadari - pulau seribu (931)Penduduk ibukota, terutama mereka yang menggemari liburan ke pantai pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Pulau Bidadari, pulau tidung, dan Pulau Harapan. Ya, ketiga nama tersebut adalah pulau-pulau kecil bagian dari gugusan pulau karang Kepulauan Seribu. Jika Anda sudah pernah menjelajahi kawasan Tidung dan Harapan, maka sekarang giliran wilayah Bidadari yang menjadi tujuan perjalanan wisata pantai Anda dan keluarga. Di pulau kecil ini yang terletak do perairan Pulau Seribu selain dapat melakukan wisata alam, Anda juga dapat menelusuri jejak sejarah berupa bangunan-bangunan peninggalan jaman penjajahan Belanda.

Pulau Bidadari

Jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain di gugusan Pulau Seribupulau bidadari adalah pulau yang paling dekat dengan Teluk Jakarta. Dari dermaga Marina Ancol, Anda cukup menempuh perjalanan selama 20 menit untuk tiba di dermaga kecil kawasan Bidadari. Setibanya di Pulau. wisatawan akan disambut oleh patung wanita yang terletak di luar lobi resort. Mungkin patung ini dibuat sebagai simbol nama pulau kecil ini.

Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut nama “bidadari” diberikan karena dahulu penduduk sekitar sering melihat none Belanda yang cantik berjalan-jalan di wilayah ini. Ada pula yang mengatakan bahwa nama tersebut diberikan kepada pulau mungil ini agar setara dengan nama pulau-pulau di sekitarnya, seperti Pulau Putri dan Pulau Kahyangan.

Pesona Benteng Martello

Salah satu wisata sejarah yang populer di kawasan Pulau Bidadari ini adalah Benteng Martello. Di masa penjajahan Belanda, benteng ini berfungsi sebagai menara pengawasan sebagai usaha untuk bertahan dari serangan musuh. Bangunan benteng ini berbentuk bundar dengan diameter sekitar 23 meter dan tebal dinding 2,50 meter. Menara atau benteng ini dibangun pada tahun 1850 namun hanya tingga puing-puingnya saja akibat letusan Gunung Krakatau yang menyebabkan gelombang Tidal pada tahun 1883.

Uniknya, di tempat ini belum ditemukan posisi pintu masuk sehingga pengelola menyediakan tangga kayu bagi wisatawan yang ingin melihat-lihat kondisi di dalam bangunan. Benteng Martello adalah spot yang cukup menarik untuk mengabadikan momen kunjungan anda di kawasan Bidadari.

Fasilitas Pulau Bidadari

Sama seperti di Pulau Tidung dan pulau harapan, di ini juga tersedia fasilitas penginapan berupa beberapa bungalow kecil dan cottage terapung berbentuk rumah panggung yang dibangun di atas perairan dangkal. Anda dapat memilih kamar single, double, ataupun untuk keluarga. Di kawasan Bidadari ini, Anda dapat bermain di tepi pantainya yang berpasir putih dengan anak-anak, berkemah, dan outbond.

Tetapi berhati-hatilah memilih tempat berenang, karena ada beberapa tempat yang diberi tanda peringatan berupa larangan berenang. Selain itu tersedia pula fasilitas olah raga air seperti banana boat, jetski, perahu kano, dan pemancingan. Walaupun tidak seterkenal pulau-pulau saingannya seperti Pulau Tidung dan Pulau Harapan, Pulau Bidadari juga layak menjadi salah satu referensi tempat berlibur Anda dan keluarga.