Menelusuri Jejak Fatahillah di Wisata Pulau Tidung

pulau pelangi - pulau seribu (129)Bagi penduduk ibukota mungkin wisata pulau tidung di kawasan wisata Pulau Seribu telah mulai diminati karena jaraknya yang dekat sehingga mereka dapat “melarikan diri” sejenak dari kesibukan luar biasa di tempat kerja. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada budget liburan yang pastinya akan lebih murah daripada berwisata pantai di tempat-tempat yang telah terkenal seperti pantai Kuta di Bali atau pantai Senggigi di Lombok.

Sejarah Singkat Pulau Tidung

Nama pulau mungil ini diambil dari kata “tidung” yang diterjemahkan menjadi tempat berlindung sesuai dengah dialek kuno penduduk asli kawasan Tidung, pulau seribu. Hal ini memang sangat cocok kerena dulu pulau ini sering menjadi tempat berlindung para pelaut dari perompak alias bajak laut. Kepulauan di kawasan Tidung bahkan pernah menjadi saksi sejarah saat pahlawan Fatahillah menyerbu Portugis di Malaka. Dahulu ia menggunakan pulau-pulau di teluk ibukota ini sebagai markas untuk mengatur strategi peperangan. Kini wilayah Tidung menjadi pusat kecamatan Kepulauan Seribut Selatan dengan membawahi 3 kelurahan lain, yaitu Kelurahan Pulau Pari, Kelurahan  Pulau Tidung, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Akses Cepat ke Pulau Tidung

Untuk tiba di pulau kecil ini Anda dapat menumpang kapal dari Muara Angke Jakarta dengan jarak tempuh antara 2 hingga 3 jam perjalanan air.  Kapal ferry penyeberangan itu berangkat pada pukul 7 pagi sehingga Anda bisa tiba kurang dari jam keberangkatan. Selama perjalanan kita tidak akan bosan karena penumpang dapat menikmati pemandangan laut yang biru jernih dan tenang. Tarif kapal penyeberangan ini adalah 33 ribu rupiah per orang.

Alternatif kedua adalah Anda mengikuti paket wisata Tidung atau pulau seribu, yang pada umumnya keberangkatan ke lokasi akan dikoordinir oleh biro perjalanan.  Wisatawan peserta tour akan berangkat dari Marina Bay Ancol dengan kendaraan speed boat yang jarak tempuhnya lebih singkat yaitu sekitar satu jam.

Destinasi wisata Pulau Tidung

  • Jembatan Cinta adalah icon dari lokasi wisata ini, yaitu sebuah jembatan kayu sepanjang 800 m yang menghubungkan kawasan Tidung Besar dan Tidung Kecil.
  • Pantai Tanjongan Timur terletak  tepat di depan Jembatan Cinta dan wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan bermain air atau berenang. Selain itu di sini juga terdapat warung-warung tenda yang menjual penganan yang siap Anda nikmati.
  • Lapangan voley yang berada di dekat Jembatan Cinta kawasan wisata Pulau Tidung sangat tepat bagi Anda penghobi olah raga voley pantai.
  •  Pantai Tanjung Barat sangat sesuai bagi Anda yang mencari obyek wisata pantai yang sepi  dan masih alami. Pantai yang kurang populer di kalangan wisatawan ini mempunyai pemandangan sunset dan sunrise yang luar biasa.
  • Pelabuhan Betok dapat menjadi salah satu pilihan jika Anda mempunyai hobi memancing. Selain itu di tempat kapal-kapal bersandar ini  terdapat bangku-bangku panjang yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan.